Class Of Religion: Representasi Moderasi Beragama Di Era Digital
Kata Kunci:
Moderasi, Era Digital, Studi Islam, Studi SosialAbstrak
Era disrupsi digital saat ini, akses mudah ke internet sering dimanfaatkan untuk menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian, yang berpotensi memicu konflik. Individu yang berpegang pada prinsip moderasi beragama akan mampu menghindari pengaruh berita palsu dan bersikap bijaksana dalam bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian mendalam mengenai pemanfaatan teknologi dalam kajian keagamaan, dengan fokus pada moderasi beragama. Melalui metode deskriptif kualitatif serta pendekatan studi literatur dan analisis konten media sosial, penelitian ini berupaya mengidentifikasi strategi komunikasi yang efektif dalam mempromosikan nilai-nilai toleransi dan moderasi di kalangan generasi muda. Fokus tema dalam kajian ini adalah prinsip moderasi beragama yang diisyaratkan dalam program baru yang digagas Habib Ja’far, yakni Class of Religion. Beberapa nilai-nilai toleransi moderasi beragama yang digambarkan dalam program “Class of Religion” ini, antara lain penghargaan terhadap keberagaman, dialog antaragama yang saling menghormati, dan kerjasama antarumat beragama meskipun berbeda keyakinan. Kehadiran tokoh beragama Sikh menunjukkan penerimaan terhadap kelompok minoritas, sedangkan komitmen terhadap Pancasila mencerminkan perlindungan dan kebebasan bagi semua. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika menegaskan pentingnya kebersamaan dalam perbedaan, di mana setiap individu dipandang setara. Selain itu, sikap saling menghormati dan harapan untuk menciptakan individu yang toleran berkontribusi pada masyarakat yang harmonis.
Referensi
Adhitama, S. (2024). Analisis Nilai-nilai Kementerian Keuangan Berdasarkan Perspektif Agama-agama Dharmik. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 7(2), 72–91. https://doi.org/10.37329/kamaya.v7i2.3155
Aesah, S. (2019). Kerjasama Umat Beragama dalam Menciptakan Harmonisasi. Jurnal Sistem Universitas Pamulang, 1, 46–52.
Agusta, E. S. (2024). Pemanfaatan Literasi Digital Keagamaan dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Siswa. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 21(1), 1–9.
Bimasakti, M. A. (2019). Doa Bersama Dalam Pandangan Islam. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 5(2), 168–184. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v5i2.10651
Delia Maharani, & Latifah Meynawati. (2023). Sisi Terang dan Gelap: Digitalisasi pada Perkembangan Pendidikan Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1771
Dewi, P. A. C. (2023). Literasi Dampak dan Tantangan Digitalisasi Bagi Anak Usia. Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1389–1393.
Erdiyani, F. (2023). Telaah Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Konten “Log In” Di Channel Youtube Deddy Corbuzier. Institut Agama Islam Negeri Madura.
Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama di Era Digital. ICRHD: Journal OfInternational Conference On Religion, Humanity and Development, 195–202.
Harianto, P.-. (2018). Radikalisme Islam dalam Media Sosial (Konteks; Channel Youtube). Jurnal Sosiologi Agama, 12(2), 297–326. https://doi.org/10.14421/jsa.2018.122-07
Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182
hidayati. (2023). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana UIN Mataram, 12(8), 93–108. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820
Jamaluddin, J. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Tengah Multikulturalitas Indonesia (Analisis Kebijakan Implementatif pada Kementerian Agama). AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1–13. https://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/issue/view/10
Juhri, M. A. (2018). Alquran dan Toleransi di Indonesia: Sebuah Analisa Surat al-Bāqarah: 148. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 7(2), 116–130.
Julita Lestari. (2020). PLURALISME AGAMA DI INDONESIA (Tantangan dan Peluang Bagi Keutuhan Bangsa). Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.21580/wa.v6i1.4913
Masfufah, A. (2019). DAKWAH DIGITAL HABIB HUSEIN JA’FAR AL HADAR. 20(2), 252–260.
Muharam, R. S. (2020). Membangun Toleransi Umat Beragama di Indonesia Berdasarkan Konsep Deklarasi Kairo. Jurnal HAM, 11(2), 269–283. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.269-283
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 195–202.
Nikmah, F. (2020). Digitalisasi Dan Tantangan Dakwah Di Era Milenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3666
Nisa, M. K., Yani, A., Andika, & Yunus, E. M. (2021). Moderasi Beragama: Landasan Moderasi dalam Tradisi Berbagai Agama. Jurnal Riset Agama, 1(3), 731–748.
Nisa, N. F. (2024). Moderasi Beragama Dalam Dakwah Habib Husein Jafar Al Hadar Pada Program Log In – Close The Door. 42–55.
Nulwelen, M. (2024). Manajemen Strategik Kegiatan Ekstrakurikuler guna Penguatan Nilai Toleransi Beragama di SMP Negeri 22 Samarinda M. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(3), 417–426.
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59–70. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Nurfadilah, S. (2024). Dakwah Digital Moderasi Beragama Habib Husein Ja’far Al-Hadar Pada Konten Youtube “Log In” (Analisis Resepsi Pemuda Muslim Dan Non Muslim Di Kabupaten Bondowoso). Universitas KH Achmad Siddiq Jember.
Rifa’i, A. (2017). Dealektika Pemikiran dalam Dialog Antar Umat Beragama: Studi Kasus Forum Persaudaraan Umat Beriman (FPUB) DI. Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(1), 63–82. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-04
Suliantika, & OK, A. H. (2023). Penguatan Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Minoritas Muslim di SMP Negeri 1 Biru-Biru. Al-Ilmi Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 325–334.
Supriadi, S., & Firmansyah, L. M. R. (2024). Prilaku Sosial dan Lingkungan (Kesadaran Individu dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan). Jurnal Inovasi Penelitian, 4(9), 1459–1464.
Tuerah, P. R., Pinem, P. D. S., & Mesra, R. (2023). Interaksi sosial antara mahasiswa pemeluk Agama Kristen dengan mahasiswa pemeluk Agama Islam di lingkungan FISH Unima. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 653–666. https://doi.org/10.17977/um063v3i6p653-666
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dika Purnama Aulia Rohma, Kunti Wildana Anjuma
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.