Khasiat Kurma Perspektif Hadis dan Sains
Kata Kunci:
Kurma, Perspektif Hadits, SainsAbstrak
Telah menjadi aksioma bahwa problematika kehidupan saat ini semakin kompleks termasuk juga masalah pengobatan, yang seiring berjalannya waktu semakin beragam. Islam sebagai agama universal telah menawarkan pengobatan herbal. Salah satu pengobatan herbal yang ditawarkan di dalam al-Quran dan hadis ialah kurma. Namun khasiat kurma harus dibuktikan dan direlevansikan dengan sains modern. Karena realitasnya mayoritas manusia lebih percaya terhadap pengobatan kimiawi, seperti laxatab dan neolaxa untuk bawasir, hemobion untuk anemia dan spironolactone untuk hipertensi. Padahal penyakit-penyakit tersebut juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi kurma. Demikan itu karena kurangnya pengetahuan tentang khasiat kurma. Oleh karena itu perlu penelitian untuk mengungkapkan unsur-unsur yang terkandung dalam buah ini. Tujuannya untuk meyakinkan bahwa kurma memiliki banyak manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah metodologi kualitatif dengan jenis library research. Sedangkan teknik penggalian data yang digunakan ialah dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kurma memiliki kandungan yang berguna secara ilmu kedokteran.
Referensi
Abūý Dāūd, Sulaymān ibn al-‘Ash`ath ibn Isḥāq ibn Bashīr ibn Shaddād ibn `Amr al-ýý‘Azdī al-Sijistanī. (tt). Sunan Abī Dāūd. Bayrūt: al-Maktabah al-`Aṣriyah.
ýAḥmad ibn Muḥammad, Abū `Abdillāh ibn Ḥanbal ibn Hilāl ibn Asd al-Shaybānī. 92001). ýMusnad al-Imām Aḥmad ibn Ḥanbal. tt: Muassasah al-Risālah.
Muslim ibn al-Ḥajjāj Abū al-Ḥasan al-Qushayrī al-Naysābūrī. (tt). al-Musnad al-Ṣaḥīḥ al-Mukhtaṣar bi Naql al-`Adl `an al-`Adl ilā Rasūl al-Lāh Ṣallā Allāh `alayh wa Sallam. Bayrūt: Dār Iḥyā’ al-Turāth al`Arabī.
Aisyah, Dinar Siti Nur. (2021, Agustus 2). “Daun Zaitun dalam Pengobatan Sakit Gusi: Studi Takhrij dan ýSyarah Hadis”. Jurnal Riset Agama. Vol. 1. No. 2. Agustus 2021.
Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdar. al-Aṣrī. Yogyakarta: Multi Karya Grafika, tt.
al-Quran
Anugrah, Iqra dkk. “Perbandingan Kandungan Antioksidan Senyawa β-Karoten ýGolongan Karotenoid pada Kurma ajwa (Madinah), Kurma Sukari (Mesir), Kurma ýMedjool (Palestina), Kurma Khalas (Dubai), dan Kurma Golden Valley (Mesir)”. ýFakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran. Vol. 2. No. 9. September, ýý2022.
Azizi (al), Abdul Syukur. (2018). Islam Itu Ilmiah. Yogyakarta: Laksana.
ýBadawi, Abdurrahman. (2003). Ensiklopedi Tokoh Orientalis. Yogyakarta: LKIS.
Bin Ahmad, Ahmad Syamil. (tt). Keistimewaan Kurma dalam al-Qur’an Ditinjau dari ýPerspektif Ilmu Kesehatan. tt: tp.
Bukhārī (al), Muḥammad ibn Ismā`īl Abū `Abdillāh al-Ju`fī, al-Jāmi’ al-Musnad al-Ṣaḥīḥ ýal-Mukhtaṣar min ‘Umūr Rasūlillāh Ṣallā `alayhi wa Sallam wa Sunanihī wa ýAyyāmihī. (1422 H). tt: Dār al-Ṭauq al-Najāh.
Farhati dan Rika Resmana. (tt). Monografi Mengatasi Anemiadengan Mixed Juice Kurma ýdan Terong Belanda. tt: tp.
Hidayah, Nurul. “Keutamaan Makan Sahur Dengan Tamar (Kurma) (Kajian ýKontekstual Hadist Abu Dawud)”. Dinamika. Vol. 1, No. 1. Desember 2016.
Ibn Ḥajar, Aḥmad ibn `Alī Abū al-Faḍl al-`Asqalānī al-Shāfi`ī. (1379). Fatal-Bārī Sharḥ Ṣaḥīḥ ýal-Bukhārī. Bayrūt: Dār al-Ma`rifah.
Istifarin, Nur Annisa dan Andris Nurita. “Pemahaman Hadis Riwayat Bukhari Nomor ýIndeks 5445 Tentang Buah Kurma Sebagai Obat Herbal Perspektif Ilmu Kesehatan”. ýMushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis. Vol. 3. No. 2. Agustus 2023.
Izzan,Ahmad. (2012). Studi Takhrij Hadis. Bandung: Tafakur.
Muḥammad Ashraf ibn Amīr ibn `Alī ibn Ḥaydar. (1415 H). `Aun al-Ma’būd Sharḥ Sunan Abī Dāūd. Bayrūt: Dār al-Kututb al`Ilmiyah.
Najjār (al), Zaghlūl Rāghib Muḥammad. (2012). al-I`jāz al-`Ilmī fī al-Sunnah al-Nabawiyyah. Mesir: Dār al-Nahḍah.
Qāsimī (al), Muḥammad Abū al-Layith al-Khayr Ābādī. (2004). Takhrīj al-Ḥādīth Nash’atuhū ýwa Manhajiyyatuhū. tt: Ittiḥad.
Qibty, ýAlfi Salwa. “Interpretation Of The Meaning Of Hadith About The Parable Of ýThe Date-Palm Tree With A Muslim Through The Tahlili Method”. Jurnal Living ýHadis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. 7. No. 9. Desember 2022.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin;Antasari Pres.
Rahman, Mohamad S. “Kajian Matan dan Sanad Hadits dalam Metode Historis”. ýJurnal Al-Syir’ah. Vol. 8. No. 2. Desember 2010.
Soebahar, Moh. Erfan dkk. “Mengungkap Rahasia Buah Kurma dan Zaitun dari ýPetunjuk Hadits dan Penjelasan Sains.” Ulul Albab. Vol.16. No. 2015.
Ṭabarī (al), Muḥammad ibn Jarīr ibn Yazīd ibn Kathīr ibn Ghālib Abū Ja`far. (2000). Jami` al-ýBayān fī Ta’wīl al-Qur’ān. tt: Muassasah al-Risālah.
Ṭaḥḥān (al), Maḥmūd. Uṣul al-Takhrīj wa Dirāsah al-Asānid. (tt). Bayrūt: Dār al-Qur’ān ýal-Karīm.
ýThayyarah, Nadiyah. (tt). Buku Pintar Sains dalam al-Quran. Jakarta: Zaman.
Tirmidhī (al), Muḥammad ibn `Isā ibn Saurah ibn Mūsā ibn al-Ḍaḥḥāk. 91975). Sunan al-ýTirmidhī. Mesir: Shirkah Maktabah wa Maṭba`ah Muṣṭafā al-Bābī al-Ḥalbī.
Wensinck, A.J. (1936). al-Mu’jam al-Mufahras li Alfāẓ al-Ḥadīth al-Nabawī. Liden: ýBril.
Zamakhsharī (al), Abū al-Qāsim Maḥmūd ibn `Umar al-Khawarizmī. (1407 H). al-Kashshāf. Beirut: Dār al-Kutub al-`Arabī.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Nawawi, Ahmad Fauzan Ali Afsa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.