Pesantren Sebagai Laboratorium Jurnalistik Islam: Studi Kasus Akun Instagram @Limproduction Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri
Abstrak
Sebagai jembatan antara pesantren dan masyarakat luas, jurnalistik pesantren memiliki peran krusial dalam membentuk opini public. Selain itu, jurnalistik pesantren memiliki peran penting dalam menyebarkan pemahaman yang benar tentang Islam dengan sudut pandang kontemporer dan sederhana. Mereka dapat meluruskan berbagai miskonsepsi yang beredar di masyarakat, serta mempromosikan nilai-nilai toleransi, moderasi, dan perdamaian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akun Instagram @limproduction sebagai Influencer opini publik, serta jenis konten dan etika jurnalistik yang diterapkan LIM Production dalam menyajikan konten-konten nya di akun instagram miliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Sebagai Produsen konten Islami. Jenis konten yang di unggah dalam akun Instagram @limproduction memuat Podcast, Feed Instagram dengan pembahasan permasalahan kontemporer, dan juga kajian rutin kitab kuning. 2) sebagai influencer opini publik, akun Instagram @limproduction memiliki peran dan pengaruh terhadap masyarakat awam terkait islam kontemporer. 3) etika jurnalistik yang diterapkan oleh LIM Production meliputi: Adherence to Islamic values, Accuracy and objectivity,Social responsibility, dan Ethical considerations
Referensi
Aisyah, N., & Rofiah, S. (2022). Dakwah Modern Pada Era Konvergensi Media: Studi Kasus Youtube Pondok Pesantren Nurul Jadid. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 8(2), 110. doi: 10.54471/dakwatuna.v8i2.1632
Busiri Efendi, Ach., Ardian Firdaus, Ach., Farizal, Rizal, Moh., & Hidayatullah, F. (2023). SEKOLAH JURNALISTIK: UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENULIS SANTRI PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA. Journal Creativity, 1(2), 103–109. doi: 10.62288/creativity.v1i2.12
Farid, A. (2019). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL PESANTREN UNTUK MEMBENDUNG KONTEN NEGATIF DI DUNIA MAYA. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 5(1), 30. doi: 10.36835/dakwatuna.v5i1.320
Gumilang, R., & Nurcholis, A. (2018). PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 42. doi: 10.22460/comm-edu.v1i3.2113
Ifendi, M. (2020). Pesantren dan Kepemimpinan Kiai Studi Kasus di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik (1980-2020). Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 77–94. doi: 10.55352/mudir.v2i2.99
Iwan & Ariyanto. (2023). Dakwah Modern Pada Era Digital (Studi Kasus Youtube Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam Kuningan Jawa Barat). Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol. 9, No. 1, (March) 2023. doi: https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.427
Khoiruddin, M. A., & Lutfiana, L. (2021). Pengembangan Kreatifitas Menulis Santri Melalui Ngaji Jurnalistik Dipondok Pesantren. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 2(1), 51–62. doi: 10.53429/j-kis.v2i1.209
Luthfiyah, M. F. &. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Millati, H. (t.t.). Digital Dakwah of Pesantren: Virtual Ethnography Study on Instagram Account LIMOFFICIAL_LIRBOYO and Youtube Account LIM Production.
Muid, A. (t.t.). PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA.
Oktaria, A., Khoirul, K., Fitriyenni, S., Paiman, P., & Irfan, M. (2023). Peran Pesantren dalam Era Digital. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(3), 432–444. doi: 10.37680/scaffolding.v4i3.2108
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, M. C. (2020). JIHAD SANTRI MILLENNIAL MELAWAN RADIKALISME DI ERA DIGITAL: STUDI GERAKAN ARUS INFORMASI SANTRI NUSANTARA DI MEDIA SOSIAL. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 4(1), 69. doi: 10.33852/jurnalin.v4i1.187
Ummah, A. H., Khairul Khatoni, M., & Khairurromadhan, M. (2020). PODCAST SEBAGAI STRATEGI DAKWAH DI ERA DIGITAL: ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN. KOMUNIKE, 12(2), 210–234. doi: 10.20414/jurkom.v12i2.2739
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Luluk Ilmiyatul Khasanah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.