Aktualisasi Kaidah “Al-Muhafadzah ‘Ala Al-Qadim Al-Shalih, Wa Al-Akhdzu Bi Al-Jadid Al-Ashlah” di Pesantren Dalam Menghadapi Tantangan Era Disrupsi (Sebuah Pembacaan Atas Teori Fungsionalisme Struktural)
Kata Kunci:
Pesantren, Tradisi, Fungsionalisme StrukturalAbstrak
Penelitian ini mengkaji pesantren yang mengadopsi prinsip "Al-Muhafadzah ‘Ala Al-Qadim Al-Shalih, Wa Al-Akhdzu Bi Al-Jadid Al-Ashlah" namun cenderung memprioritaskan salah satu aspek, yakni tradisi lama (pesantren Salafi) atau modernisasi. Ketimpangan ini dapat mengancam legitimasi pesantren di era digital, terutama jika pesantren menutup diri terhadap budaya digital, sehingga membuka ruang bagi ulama tidak kredibel untuk mendominasi dunia Islam. Penelitian kualitatif ini menggunakan teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons, yang menekankan pentingnya integrasi elemen masyarakat melalui konsep AGIL. Hasilnya menunjukkan bahwa pesantren perlu menjaga tradisi sekaligus beradaptasi dengan digitalisasi, dengan dukungan pemerintah dan masyarakat. Pesantren juga harus menetapkan aturan yang jelas, mendorong partisipasi, dan menangani konflik. Kiai dan ustaz diharapkan aktif dalam dakwah digital untuk memastikan keberlanjutan pesantren di era modern.
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Suka-Press. Suka Press.
Alfarisi, A. S. (2017). Eksistensi Pondok Pesantren Salafi Dalam Meningkatkan Nilai-nilai Keagamaan Ditengah Masyarakat. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 5(1), 1–28.
Aziz, A. A., Muhtarom, A., Latief, T., & Fuad, S. (2021). Moderasi Beragama; Pengembangan dan Implementasinya dalam Pendidikan Pesantren. Kemenag RI.
Bahasa, B. P. dan P. (n.d.). KBBI V Daring. Kemendikbud.Go.Id. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/disrupsi
Bashori, B., Novebri, N., & Salabi, A. S. (2022). Budaya Pesantren: Pengembangan Pembelajaran Turats. Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 7(1), 51–66. https://doi.org/10.47766/almabhats.v7i1.1017
Bruinessen, M. van. (1995). Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat (cetakan pe). Mizan.
Buntetpesantren.id. (n.d.). Sekolah. Buntetpesantren.Id. https://buntetpesantren.id/sekolah/
Dhofier, Z. (1985). Tradisi Pesantren; Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai (cetakan ke). LP3ES.
Dictionaries, O. L. (n.d.). Disruption. Oxfordlearnerdictionaries.Com. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/disruption?q=disruption
Ekasari, R., Denitri, F. D., Rodli, A. F., & Pramudipta, A. R. (2021). Analisis Dampak Disrupsi Pendidikan Era Revolusi Indsutri 4.0. Ecopreneur.12, 4(1), 110. https://doi.org/10.51804/econ12.v4i1.924
Faisal, A. (2010). Nuansa Fiqh Sosial KH. Sahal Mahfudh. Jurnal Al- Ulum, 10(2), 363–382.
Fuady, A. S. (2020). Pembaharuan Sistem Pendidikan Di Pesantren. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3819
Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Di Era Society 5.0 (Peluang Dan Tantangannya Di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 49–64. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3616
Huda, M. (n.d.). Pendidikan Formal. Maslakulhuda.Net. https://maslakulhuda.net/category/lembaga/pendidikan/pendidikan-formal/
IRAWAN, I. (2018). Al-Tawassut waal-I‘tidal: Menjawab Tantangan Liberalisme dan Konservatisme Islam. Afkaruna, 14(1), 49–74. https://doi.org/10.18196/aiijis.2018.0080.49-74
Isnaini, N., & Rofi’ah, S. (2019). Implementasi Amaliah NU dalam Menangkal Radikalisme. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 2(2), 120. https://doi.org/10.24014/ejpe.v2i2.7923
Khotimah, S. (2022). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Pesantren Pada Era Disrupsi. Multicultural Of Islamic Education, 6(1), 23–35. http://jurnal.yudharta.ac.id/index.php/ims
Langitan.net. (n.d.). Pendidikan dan Pengajaran. Langitan.Net. https://langitan.net/selayang-pandang-pesantren-langitan-tuban/pendidikan-dan-pengajaran/
Lirboyonet. (n.d.-a). Ma’had Aly Lirboyo. Lirboyo.Net. https://lirboyo.net/category/mahad-aly-lirboyo/
Lirboyonet. (n.d.-b). Pendidikan Lirboyo. Lirboyonet. https://lirboyo.net/pendidikan/
Mukarrom, A. (2023). Moderasi Beragama Pesantren Dalam Setiap Modernisasi Pendidikan (Telaah Kaidah Maslahat Ushul Fiqh). Jurnal Dampar: Dirasat Asriyah Mutahadirah, 1(2), 273.
Nurulihsan.ponpes.id. (n.d.). Home. Nurulihsan.Ponpes.Id. https://nurulihsan.ponpes.id/infaq/
Nuruliman.or.id. (n.d.). Kepengurusan Pusat Pesantren. Nuruliman.or.Id. https://www.nuruliman.or.id/kepengurusan-pusat-kepesanttrenan
Pondoktremas. (n.d.). Lembaga Pendidikan. Pondoktremas.Com. https://pondoktremas.com/pendidikan/
Portaltiga.com. (n.d.). Gus Fawait Ingatkan Banyak Ulama Gadungan Jelang 2024. Portaltiga.Com. https://portaltiga.com/baca-13153-gus-fawait-ingatkan-banyak-ulama-gadungan-jelang-2024
Ppalanwar.com. (n.d.). Kurikulum PP al-Anwar. Ppalanwar.Com. https://www.ppalanwar.com/kurikulum/
Prasetyo, M. A. M., Salabi, A. S., & Muadin, A. (2021). MENGELOLA EFEKTIVITAS ORGANISASI PESANTREN : MODEL KESESUAIAN BUDAYA ORGANISASI. Fenomena: Jurnal Penelitian, 13(1), 41–62.
Ridwan, N. K. (2021). Dalil-Dalil Agama Gus Dur (Dalil Kunci Pergumulan Islam Indonesia). IRCiSod.
Ritzer, G. (2016). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Rajawali Press.
Sa’adah, N., & Rohman, T. (2024). Efektivitas Pengelolaan UMKM Dengan Pendekatan 3 Pilar (Santripreneur, Pesantrenpreneur, Sociopreneur) di Sekitar Pondok Pesantren Darussalam Al-Faisholiyah Sampang. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 6(1), 16–32.
Sadiyah, F., Najib, M., & Fattah, A. (2023). IMPELEMENTASI NILAI-NILAI BUDAYA PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA. Annual Symposium on Pesantren Studies (Ansops), 01(1), 12–20.
Saekhoni, S., & Alfian, A. (2020). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran KH. Chasbulloh Badawi). Jurnal Tawadhu, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Sidogiri.net. (n.d.). Berita. Sidogiri.Net. https://sidogiri.net/
Siswati, V. (2017). Tafsir Pemikiran Abdurrahman Wahid dalam Modernisasi Pendidikan Pesantren di Indonesia. Jurnal Qolamuna: Studi Islam, 3(1), 56–64. http://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/73
Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren, Madrasah, dan Sekolah (Pendidikan Islam dalam Kurun Modern). LP3ES.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Taslima, S. U. (2020). NAHDLATUL ULAMA: TELAAH HISTORI PERKEMBANGAN DAN GERAKAN DAKWAHNYA DI INDONESIA. Khabar (Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam), 2(2), 1–9.
Turama, A. R. (2020). Formulasi Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons. EUFONI: Journal of Language, Literary and Cultural Studies, 2(1), 58–69. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Wahid, A. (1999). Pesantren Masa Depan. Pustaka Hidayah.
Wati, S., & Suriani, S. (2019). Pesantren: The Origins And Institutional Growth. Journal of Social Research, 2(11). https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289750
Z, R. M. (n.d.). Inflasi Ulama. Smaunggulanalmizan.Sch.Id. https://www.smaunggulanalmizan.sch.id/berita/detail/146547/inflasi-ulama/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fatichatus Sa'diyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.