Peluang dan Tantangan Mahasantri di Era Disrupsi

Penulis

  • Annisa Zahro Putri Sulthoni UIN Maulana Malik Ibrahim
  • Moh Rifqi Falah Al Farabi UIN Maulana Malik Ibrahim

Kata Kunci:

Mahasantri, Pendidikan, Disrupsi

Abstrak

Dampak modernisasi yang sedang berlangsung menimbulkan beberapa persoalan-persoalan yang kompleks. Modernisasi yang dipicu oleh perkembangan teknologi, terus menerus menuntut masyarakat untuk beradaptasi dan mampu mengikutinya dengan cepat. Perkembangan teknologi berdampak banyak pada banyak sektor termasuk pendidikan Islam yang dalam hal ini pendidikan pesantren. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya mengajarkan tentang keilmuan saja, tetapi juga mengajarkan tentang pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang 1) peluang mahasantri di era disrupsi. 2) tantangan mahasantri di era disrupsi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi yang berupa buku, artikel, dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peluang mahasantri pada era disrupsi ini, dengan memanfaatkan teknologi dalam dakwah, ekonomi kreatif dan penelitian. 2) Tantangan mahasantri di era disrupsi seperti maraknya berita hoaks, kecanduan teknologi dan kompetisi yang ketat. 

Referensi

Arifin, Z. (2012). Development of pesantren in Indonesia. Pendidikan Agama Islam, 1(1), 40–53.

Fadjar, A. M. (1998). Visi pembaruan pendidikan Islam (M. dan J. A. Syarif (ed.)). Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia. https://books.google.co.id/books/about/Visi_pembaruan_pendidikan_Islam.html?id=CVZZHQAACAAJ&redir_esc=y

Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64

Humas Ditjen Diktiristek. (2024). Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2024 Meningkat Pesat. Direktorat Jenderal Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/pendanaan-penelitian-dan-pengabdian-kepada-masyarakat-tahun-2024-meningkat-pesat/

Khotimah, S. (2022). Tantangan dan peluang pendidikan islam di pesantren pada era disrupsi. Multicultural Of Islamic Education, 6(1), 23–35. http://jurnal.yudharta.ac.id/index.php/ims

Maghfuri, A. N. A. A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP SANTRI MA’HAD ALY PESANTREN MASLAKUL HUDA. MA’HAD ALY PESANTREN MASLAKUL HUDA. https://mahally.ac.id/pengaruh-penggunaan-gadget-terhadap-santri-mahad-aly-pesantren-maslakul-huda/

Maryani. (2019). Era Disrupsi, Mahasantri Ma’had Aly Harus Kuasai Teknologi. Kementrian Agama Republik Indonesia. https://infohaji.kemenag.go.id/nasional/era-disrupsi-mahasantri-ma039had-aly-harus-kuasai-teknologi-dan5lj

Mutmainah, M. (2023). Memanfaatkan “Podcast” Sebagai Strategi Dakwah Di Era Disrupsi : Analisis Peluang Dan Tantangan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2231–2240. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/21691

Oey-Gardiner, M., Rahayu, S. I., Abdullah, M. A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., & Aruan, C. D. D. P. A.-1. pdfaniel. D. (2007). Era Disrupsi: Peluang Dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. https://www.aipi.or.id/index.php?pg=detilpublikasi&pid=67&type=2#reserach-tool-tab

Priyanto, A., & Saputri, M. M. (2022). Konsep Dakwah Santri Di Era Disrupsi. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(1), 1. https://doi.org/10.29240/jdk.v7i1.4616

Purba, D., Zulfadli, & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Mathematic Education Journal, 4(1), 25–31. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. In Yayasan Kita Menulis (Vol. 53, Issue 9).

Puspianto, A. (2018). Dakwah Antarbudaya Diperlintasan Zaman. Dakwah Antarbudaya Diperlintasan Zaman, 7(1), 45–68. https://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/45

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Rifai, A. S. (2017). Pembaharuan pendidikan pesantren dalam menghadapi tantangan dan hambatan di masa modern. Jurnal Inspirasi, 1(1), 21–38. ejournal.undaris.ac.id/index.php/inspirasi/article/download/2/2

Samsudin. (2019). Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren Di Era Disrupsi. Conference on Islamic Studies (CoIS), 2019.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

SARI, S. (n.d.). Penanaman Literasi Ke Dalam Diri Generasi Muda Diera Digitalisasi. Academia.Edu, 1–10. https://www.academia.edu/download/108395919/LITERASI_GENERASI_MUDA.pdf

Thoriquttyas, T., & Hanun, F. (2020). Amplifying the Religious Moderation from Pesantren: A Sketch of Pesantren’s Experience in Kediri, East Java. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 5(02), 221–234. https://doi.org/10.18784/analisa.v5i02.1147

Widiyani, R. (2020). 22 Oktober Hari Santri, ini 7 Pahlawan Nasional Berlatar Belakang Santri. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-5222216/22-oktober-hari-santri-ini-7-pahlawan-nasional-berlatar-belakang-santri#goog_rewarded

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-15