Pesantren Sebagai Agen Penguatan Budaya Lokal: Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dan Peran Moderasi Dalam Mewujudkan Harmoni Sosial
Kata Kunci:
Pesantren, Budaya Lokal, Pemberdayaan Masyarakat, ModerasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami peran pesantren sebagai agen penguatan budaya lokal, dengan fokus pada strategi pemberdayaan masyarakat dan peran moderasi dalam menciptakan harmoni sosial. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yang merupakan penelitian melalui beberapa literatur yang berupa buku, catatan, ataupun laporan hasil penelitian terdahulu, untuk memahami secara mendalam pengaruh pesantren terhadap budaya lokal dan masyarakat. Penelitian ini akan pesantren dalam memberdayakan masyarakat setempat. penelitian ini juga akan menyelidiki peran moderasi yang dimainkan oleh pesantren dalam mempromosikan toleransi, dialog antaragama, dan penyebarluasan nilai-nilai keberagaman di masyarakat. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kontribusi pesantren dalam memperkuat identitas budaya lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan mampu menyediakan pandangan yang lebih jelas mengenai bagaimana pesantren dapat berperan sebagai agen moderasi untuk menciptakan harmoni sosial di tengah kompleksitas keragaman masyarakat. Implikasi praktis dari temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan kebijakan dan strategi intervensi yang lebih efektif dalam konteks pemberdayaan masyarakat dan membangun harmoni sosial.
Referensi
Agustin, S. (2023). TANTANGAN MASYARAKAT ISLAM DI ERA MODERNISASI. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONTIANAK.
As, M. A. M., & Muhdir, I. (2023). Peran Investasi Asing Langsung Dan Bantuan Luar Negeri Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi: Efek Moderasi Stabilitas Politik Di Negara D-8. Jurnal Magister Ekonomi Syariah, 2(1), 1–21.
Ayuninggati, T., Harahap, E. P., Immaniar, D., & Amelia, S. (2021). Peranan Tantangan Dakwah Pendidikan Agama Islam Dalam Media Komunikasi Era Globalisasi. 1(1).
Bahri, S., & Idris, M. (t.t.). Akomodasi Pendidikan Pesantren Terhadap Local Wisdom (Budaya Lokal) Dalam Perspektif Sosial (Studi Kasus di Kabupaten Konawe Kendari- Sultra).
Fajri, C. (t.t.). PELATIHAN DIGITAL MARKETING ( SOSIAL MEDIA ) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI DAN STAF MARKETING DI PESANTREN AL WAFI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DEPOK. 3.
Hafizah, N. (2023). PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KEBUDAYAAN BANGSA INDONESIA.
Iqbal, H. (2002). Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.
Jamaluddin, M. (2012). METAMORFOSIS PESANTREN DI ERA GLOBALISASI. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture, 127–139. https://doi.org/10.19105/karsa.v20i1.57
Jonathan, S. (2002). Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Graha Ilmu.
Junaidi, M. (2022). Penyelenggaraan Pesantren Dalam Rangka Memberdayakan Masyarakat. JURNAL USM LAW REVIEW, 5(2), 455. https://doi.org/10.26623/julr.v5i2.5487
Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Aksara.
Najah, F. ’Ainun, & Al-Ma’mun, H. (2023). Pluralisme Agama Perspektif Abdul Karim Soroush: Kajian Teoritis dan Filosofis. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(3), 1023–1043. https://doi.org/10.47467/as.v5i3.3849
Novianto, K., Bari, S., & Vistara, I. (2020). Perlunya Indeks Akses Pendidikan dalam Rangka Penetuan Daerah Khusus. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1), 36. https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n1.p36-42
Nugraha, A. L., Susilo, A., & Rochman, C. (2021). Peran Perguruan Tinggi Pesantren dalam Implementasi Literasi Ekonomi. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 2(2), 162. https://doi.org/10.47700/jiefes.v2i2.3552
Nur’aini. (2023). MODEL BELAJAR SANTRI DALAM KEARIFAN LOKAL DI PONDOK PESANTREN. JIPKIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 3(2).
Prasetiyawan, A. A., & Rohimat, A. M. (2019). Pemberdayaan Perempuan Berbasis Pesantren dan Social Entrepreneurship. Muwazah, 11(2), 163–180. https://doi.org/10.28918/muwazah.v11i2.2281
Rif’ah, E. N. (2019). Pemberdayaan Pusat Kesehatan Pesantren (Poskestren) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Warta Pengabdian, 13(3). https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i3.11862
Rohmani, A. H., Nurudiana, D. D., & Kartiko, A. (2023). PERAN KYAI DALAM MELESTARIKAN BUDAYA BAWEAN DI PONDOK PESANTREN PENABER (Stuudi Peran Kiai dalam Perspektif Praktis Sosial Pierre Bourdieu). 6(2).
Rosyidah, F. (2021). Eksistensi Peran Pesantren dalam Mewujudkan Moderasi Keberagamaan. 4.
Sumarto, S., & Harahap, E. K. (2019). Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren. Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(01), 21. https://doi.org/10.32332/riayah.v4i01.1488