Tradisi Keilmuan Pesantren di Indonesia
Kata Kunci:
Tradisi, Keilmuan, PesantrenAbstrak
Pesantren adalah sebuah wadah mengimplementasikan nila-nilai moral dan karakter Islami dengan tata kehidupan positif serta ciri khas sebagai lembaga pendidikan Islam. Kajian kitab kuning menjadi ciri khas yang dimiliki setiap pesantren di Indonesia. Pesantren selalu menjadi kajian-kajian yang menarik bagi para ulama dalam menghasilkan generasi-generasi Islam yang mampu menhadapi perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik di mana penulis memfokuskan objek problematika menjadi pertanyaan penelitian. Hasil penelitian ini diolah dan dianalisa untuk menarik kesimpulan. Tujuannya, memperoleh pemaparan objektif dalam membedah masalah melalui analisis. Hasil menunjukkan bahwa Pesantren memiliki tradisi keilmuannya sendiri, dengan sistem pengajaran yang dikenal dengan nama pengajian atau pengkajian kitab kuning. Penggalian khasanah budaya Islam melalui kitab-kitab merupakan salah satu unsur terpenting pesantren dan yang membedakannya dengan lembaga pendidikan lain. Hambatan: ada sebagian kalangan di luar pesantren yang menyudutkan kitab kuning sebagai khazanah ilmu yang ketinggalan zaman. Solusi yang dapat dikembangkan yakni dengan mempertahankan tradisi keilmuan pesantren berupa kajian kitab-kitab kuning.
Referensi
Anjani, Maulana. “Revitalisasi Tradisi Pengkajian Kitab Kuning Dalam Membangun Karakter Tabayyun”. Jakarta, 2020. 21.
Adi, Fadli. Pesantren: Sejarah dan Perkembangannya. 2012.
Muhammad Anwar Fathoni, Ade Nur rahim. Peran Pesantren Dalam Pemperdayaan Ekonomi Umat di Indonesia. 2019.
Ummah, Karimah. Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan. 2018.
Akramun Nisa, Tradisi Kitab Kuning: Dalam Upaya Peningkatan Intelektualitas dan Moralitas Santri (Makassar:Pustaka An-Nahdlah, 2011). 49.
Sri Wahyuni, Rustam Ibrahim. Pemaknaan Jawa Pegon Dalam Memahami KItab Kuning di Pesantren. 2017.