Urgensi Literasi Digital Bagi Santri Untuk Meningkatkan Pemikiran Kritis Dalam Bahtsul Masail: Studi Kasus Video Kegiatan Nadwah Fiqhiyyah Pondok Pesantren Al-Anwar 1 Sarang
Kata Kunci:
Pesantren, Literasi Digital, Bahtsul MasailAbstrak
Literasi Digital adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan perangkat komputer untuk mengakses berbagai informasi digital. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan Literasi digital dalam proses Kegiatan Nadwah Fiqhiyyah di Pondok Pesantren Al-Anwar 1 Sarang. kegiatan Nadwah Fiqhiyyah merupakan kegiatan rutin satu tahun sekali yang diadakan oleh Pondok Pesantren Al-Anwar 1 Sarang dalam rangka memperingati Maulidiyah dan Hari Lahir Pondok Pesantren Al-Anwar. Kegiatan Nadwah Fiqhiyyah ini bertujuan untuk memecahkan Problematika di tengah masyarakat yang membutuhkan kepastian hukum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang difokuskan dalam video kegiatan Nadwah Fiqhiyyah Pondok Pesantren Al-Anwar 1 Sarang. Adapun teknis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah a) reduksi data, 2) Penyajian data, c) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun Hasil dari penelitian ini adalah dari pengamatan peneliti melalui video Bahtsul Masail atau Nadwah Fiqhiyyah tersebut santri telah menerapkan literasi digital ditunjukkan dengan Asilah-asilah yang diambil dari video platform Tiktok, selain itu santri juga telah menggunakan rujukan-rujukan kitab-kitab digital dalam pelaksanaannya.
Referensi
Adawiyah, R. (2022). Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Pekalongan: Penerbit NEM.
Aji, L. B., & Satyarini, M. D. (2020). Mpdernisasi Pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul ‘Amal Jiken, Blora. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(1). doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v1i1.1219
Al-Anwar Media. (2023, September 12). Nadwah FiqhiyyahKe-49 PP. Al-Anwar 1 Sarang. Diambil dari Ppalnwar.com website: https://www.ppalanwar.com/nadwah-fiqhiyyah-ke-49-pp-al-anwar-1-sarang/
Darwis, M. (2020). Revitalisasi Peran Pesantren di Era 4.0. Dakwatuna “Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam,” 6(1). doi: https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v6i01.509
Dhewi, A. S., & Ningrum, W. W. (2022). Strategi Literasi Digital Sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.
Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105. doi: 10.31571/edukasi.v19i1.2499
Fitriyani, & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. 2(2). doi: https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088
Izzan, A., & Oktaviani, S. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Sorogan dan Wetonan Terhadap kemampuan Berfikir Kritis Santri di Pondok Pesantren darul Ulum Karangpawitan. Jurnal Masagi, 1(1). doi: https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/118
Luthfiyah, M. F. &. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Media PP Al-Anwar. (2022, Februari 3). Sekilas Tentang Pondok Pesantren Al-Anwar 1. Diambil dari Ppalanwar.com website: https://www.ppalanwar.com/sekilas-pp-al-anwar/
Nasution, S. (2020). Pesantren: Karakteristik dan Unsur-Unsur kelembagaan. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). doi: 10.30829/taz.v8i2.575
Paduppai, A. M., Hardyanto, W., Hermanto, A., & Yusuf, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan dan Android di Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2, 84–89. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Zabidi, M. N., & Tamami, A. bassith. (2021). Keefektitifan Upaya Meningkatkan Literasi Digital Pada Pesantren Rakyat di Al-Amin Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1). doi: https://dx.doi.org/10.36418/japendi.v2i1.44