Peran Strategis Pesantren Dalam Mengimplementasikan Sustainable Development Goals Melalui Pendidikan Berkualitas Untuk Mencapai Indonesia Emas 2045
Kata Kunci:
SDGs, Peran Pesantren, Pendidikan Berkualitas, Indonesia Emas 2045Abstrak
Pesantren adalah pendidikan islam yang masih menganut pada sistem pembelajaran kerangka sorogan, bandongan dan watonan sebagai pendidikan formal. Adapun beberapa kelemahan dari sistem pendidikan di pesantren adalah 1) melemahnya bidang manajerial yang cenderung eksklusif, 2) rendahnya sumber daya manusia sebagai tenaga kependidikan, 3) rendahnya prestasi pendidikan yang dihasilkan. Seiring dengan perkembangan globalisasi. Untuk menuju Indonesia emas 2045, Indonesia menetapkan berbagai sasaran pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yang mencapai berbagai aspek kehidupan melalui 17 pilarnya. Salah satunya adalah SDGs pilar nomor 4 yaitu mewujudkan pendidikan berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, bagaimana peran strategis yang dilakukan oleh pesantren dalam mengimplementasikan sustainable development goals (SDGs) melalui pendidikan berkualitas. Supaya dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia emas 2045. Pendidikan berkualitas yang dapat dijangkau pesantren seperti keterampilan public speaking, kewirausahaan dan keterampilan penggunaan teknologi untuk melahirkan generasi yang berkualitas sesuai dengan perkembangan zaman.
Referensi
A, Ach. Z. N., & Farhan. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Khitobah Malam Selasa Dalam Meningkatkan Keterampilan Public Speaking Santri Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 11(2).
Al Asyari, A. H. (2022). Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren di Era Modern. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 127. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1572
Alwi, A. S., Maulana, M. A., & Soleh, A. N. (2023). Pendidikan Life Skill dalam Meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Kebumen. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Cahya, B. T., Mulyani, E., & Restuti, D. P. (2023). Entrepreneur Interpersonal Skills Based on Gusjiagan Local Wisdom at Boarding School in Kudus. Heritage: Journal of Social Studies, 4(1).
Deswita Elisabeth Situmeang, Merliana Marchelina Hawa, & Khodijah Ismail. (2021). PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN SDGs 2030 Goals 4 ENSURE INCLUSIVE AND EQUITABLE QUALITY EDUCATION AND PROMOTE LIFELONG LEARNING OPPORTUNITIES FOR ALL “Memastikan kualitas pendidikan yang inklusif dan adil dan mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua.” https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11219.96809
Dunar, H. (2010). My Public Speaking. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fachrudin, Y. (2021). STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH BERBASIS PESANTREN. 4(2).
Fauziah, N. (2021). The Problems of Islamic Boarding School Education in Indonesia. Al-Furqon Jurnal Studi Pendidikan Islam, 9(2).
Halisa, N. (2023). Strategi Pengembangan Public Speaking Santri Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Untuk Membentuk Kepercayaan Diri Dalam Berdakwah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 52–63.
Iqbal, H. (2002). Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia, 11.
Jonathan, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.
Kementerian PPN/Bappenas. (2021). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals. https://sdgs.bappenas.go.id/
Khaidir Fadil, Noor Isna Alfaien, & Ahmad Mulyadi Kosim. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS). Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 7(2), 127–142. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i2.2513
Khoiruddin, M. (2023). STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRI MELALUI METODE MUHADHOROH (Studi pada Pondok Pesantren Al-faqih Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan). UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Kusumawati, S. P., Salsabila, U. H., Purwanda, I., Ahmad, N., & Jaka, C. T. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan Islam Bagi Pesantren Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 3(2).
Mahfudzoh, S. K., Q, I. A., & Hayati, R. (t.t.). Peran Pondok Pesantren dalam Mencetak Jiwa Entrepreneurship (Studi di PP. Darul Muslim Tulung Balak Lampung Timur). Journal of Contemporary Islamic Education (Journal CIE).
Majdi, M. (2023). Inovasi Pembelajaran Abad 21: Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka Belajar pada STIT Buntet Pesantren. 3(1).
Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Aksara.
Mr, R. L. (2023). Peranan Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Santri di Pesantren Al Misbah Kota Tasikmalaya. INTEGRATIF JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(1).
Nisa, F. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING SANTRI PUTRI DALAM KEGIATAN MUHADHARAH DI PONDOK PESANTREN ALHIDAYAH BOARDING SCHOOL DEPOK. UIN Syarif Hidayatullah.
Pertiwi, M. S. (2023). SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DAN PERWUJUDAN PERDAMAIAN DI DUNIA. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 6(1), 86. https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.34104
Rizaldi, N. I. N., Putri, A. S., Fajriansyah, Muh. A., & Luthfiah, Z. (2022). Adopsi Teknologi pada Pesantren Menuju Generasi Rabbani. Ilmu Al-Qur’an (IQ) Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Rosi, B. (2018). PENGUATAN KAPASITAS SOFT SKILL “CALON DA’I” MELALUI TUGAS PENGABDIAN MASYARAKAT. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 151–170. https://doi.org/10.36420/ju.v4i2.3500
Rosyid, A. (2022). PESANTREN DAN BONUS DEMOGRAFI DALAM MEWUJUDKAN SANTRI UNGGUL 2045 (Studi Wacana Visi Indonesia Emas). Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 150–168. https://doi.org/10.19105/rjpai.v3i2.6127
S, U. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, Dan Strategi Rekrutmen Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1).
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Sari, H. P., Setyawan, W. H., & Budiman, A. (2021). Peningkatan Teknologi Pendidik Pesantren Anak Sholeh melalui MEMRiSE: Coaching & Training. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(3).
Ulum, M., & Mun’im, A. (2019). DIGITALISASI PENDIDIKAN PESANTREN ( Paradigma dan Tantangan Dalam Menjaga Kultur Pesantren ).
Yasin, A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa. Movere Journal, 4(1), 67–75.