Jurusan The Winner Sebagai Wadah Implementasi Interdisipliner untuk Mewujudkan Santri Berprestasi di Pondok Pesantren
Kata Kunci:
The Winner, Pondok Pesantren, Santri, InterdisiplinerAbstrak
Seiring perkembangan zaman, dunia pendidikan mengalami perubahan secara dinamis menyesuaikan tuntutan keadaan saat ini. Termasuk pondok pesantren yang identik dengan adanya kyai sebagai figur sentral, masjid sebagai pusat pembelajaran, asrama sebagai tempat tinggal dan santri sebagai peserta didik yang bermukim di dalam pesantren. Hadirnya pondok pesantren melalui pendekatan monodisipliner dinilai kurang efektif dengan perkembangan pendidikan dan sains masa kini sehingga dibutuhkan pembaharuan pendekatan untuk menunjang modernisasi dalam pendidikan. Dengan adanya pendekatan interdisipliner dianggap sebagai solusi untuk mendalami ilmu agama dan ilmu sains secara komprehensif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan angket, wawancara dan observasi untuk mendapatkan hasil data yang valid. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya jurusan the winner sebagai wadah implementasi interdisipliner untuk mewujudkan santri berprestasi di pondok pesantren Al- Ihsan Baron. Melalui jurusan the winner dapat membuka pengetahuan santri mengenai luasnya bidang akademik, dapat mengembangkan prestasi santri melalui bidang olimpiade dan menjadikan santri seorang peneliti untuk memberikan inovasi baru. Maka tak heran jika melalui pendekatan intradisipliner, santri dapat memiliki pengetahuan yang sama seperti siswa pada sekolah umum
Referensi
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 22.
Naim, N., & Huda, Q. (2021a). Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Hukum Islam Perspektif M. Atho Mudzhar. Al-Istinbath : Jurnal Hukum Islam, 6(1), 41. https://doi.org/10.29240/jhi.v6i1.2253
___________________________ (2021b). Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Hukum Islam Perspektif M. Atho Mudzhar. Al-Istinbath : Jurnal Hukum Islam, 6(1), 41. https://doi.org/10.29240/jhi.v6i1.2253
Sudikan, S. Y. (2015). PENDEKATAN INTERDISIPLINER, MULTIDISIPLINER, DAN TRANSDISIPLINER DALAM STUDI SASTRA. Paramasastra, 2(1).
https://doi.org/10.26740/parama.v2i1.1496 Sulaiman, R. (t.t.). THE EDUCATION OF PESANTREN: 27.
Tolib, D. A. (2015). PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN. Vol ., 1, 7. Usman, M. I. (t.t.). PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. 19.
Zuhriy, M. S. (2011). BUDAYA PESANTREN DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PONDOK